Pelapasan Petugas PIS PK Tingkat Kecamatan Purwadadi

Pelepasan Petugas PISPK Tinngkat Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Mei 2018 bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Purwadadi yang langsung dipimpin oleh Camat Purwadadi, serta di hadiri oleh seluruh Petugas PIS PK, Muspika Kec Purwadadi Kepala UPTD/ UPTB/ Instansi se- Kecamatan Purwadadi serta Kepala Desa se- Kecamatan Purwadadi.
Pendekatan Keluarga bukanlah program baru, melainkan salah satu cara Puskesmas meningkatkan jangkauan sasaran dan meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan dengan mendatangi keluarga.
Pendekatan Keluarga bertujuan untuk: 1) Meningkatkan akses keluarga pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu ; 2) Mendukung pencapaian SPM Kabupaten/Kota dan SPM provinsi; 3) Mendukung pelaksanaan JKN; 4) Mendukung tercapainya Program Indonesia Sehat. Dari aspek legal, peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) telah diterbitkan.
PIS-PK dilaksanakan oleh Puskesmas dengan ciri sebagai berikut: 1) Sasaran utama adalah Keluarga; 2) Mengutamakan upaya Promotif-Preventif, disertai penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM); 3) Kunjungan rumah dilakukan Pusksmas secara aktif untuk peningkatan outreach dan total coverage; dan 4) Pendekatan siklus kehidupan atau life cycle approach.

(sumber Kementerian Kesehatan RI )

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *